Sejarah,Visi , Misi dan Tujuan

  1. Sejarah

Program Studi Gizi UPY mulai berdiri pada tahun 2019. Program Studi Gizi UPY hadir sebagai upaya dalam menjawab tuntutan terhadap peningkatan kebutuhan tenaga gizi yang berkualitas di Indonesia dan persiapan menghadapi permasalahan gizi nasional dan global yang semakin kompleks.

Program Studi Gizi UPY telah mendapatkan izin operasional dan disahkan berdasarkan surat keputusan menteri riset, teknologi, dan pendidikan tinggi (SK Menristekdikti) Nomor 496/KPT/I/2019 pada tanggal 25 Juni 2019.

Perkuliahan di Program Studi Gizi UPY memiliki dua kompetensi khusus yakni gizi anak sekolah dan nutripreuner sehingga dapat menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam pendidikan ilmu gizi bidang anak sekolah dan mengembangkan produk pangan berbasis pangan lokal yang bernilai gizi tinggi. Saat ini Program Studi Gizi UPY menjadi bagian Fakultas Sains dan Teknologi UPY.

Visi dan Misi

Visi

Program Studi Gizi pada tahun 2043 menjadi program studi yang profesional dalam menghasilkan lulusan sarjana gizi yang bertaqwa, profesional dalam memberikan edukasi dan pelayanan gizi di institusi pendidikan dan masyarakat, inovatif dalam menciptakan produk bernilai gizi tinggi, memiliki komitmen nasional, dan berwawasan global dalam mengatasi permasalahan gizi di Indonesia.

Misi

Misi Program Studi Gizi UPY adalah sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan proses pembelajaran yang menghasilkan sarjana Gizi yang bertaqwa, profesional, inovatif, memiliki komitmen nasional, dan berwawasan global.
  2. Melaksanakan penelitian di bidang Gizi untuk mengembangkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi sesuai dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di bidang Gizi dalam bentuk teknologi tepat guna, pendampingan masyarakat, pelatihan dan lain-lain yang bermanfaat bagi masyarakat.
  4. Melakukan kerjasama dengan berbagai pihak untuk mengembangkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di bidang Gizi
  5. Melakukan peningkatan profesionalisme civitas akademika dalam pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam bidang Gizi.
  • Tujuan
  1. Menghasilkan lulusan Strata-1 yang profesional dan memiliki kompetensi di bidang Gizi serta berjiwa nutripreuner.
  2. Menghasilkan karya penelitian di bidang Gizi untuk pengembangan ilmu dan terapannya.
  3. Menghasilkan karya pengabdian dan pelayanan edukasi gizi kepada masyarakat dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.
  4. Menghasilkan kerjasama dengan berbagai pihak dalam pengembangan Ilmu Pengetahuan di bidang gizi.
  5. Menghasilkan civitas akademika yang profesional dan berkualitas di bidang gizi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.